Hang Nadim Corner
Petugas Lebih Selektif Pemeriksaan Tiket
--Persiapan Hang Nadim Mudik 2007
Batam,Tribun-- Persiapan Bandara Hang Nadim menghadapi musim sibuk (peak season) hari raya Idul fitri 2007 / 1428H sangat memperhatikan keberadaan maraknya tindak percaloan tiket pesawat udara di Bandara Hang Nadim pada saat lebaran.Pengelola memperkirakan jumlah pemudik lebaran tahun 2007 ini mencapai 150 ribu orang.
" Guna mengantisipasi maraknya aksi percaloan tiket yang mungkin timbul pada masa peak season, kita telah menghimbau kepada seluruh operator penerbangan yang beroperasi di Bandara Hang Nadim untuk menjual tiket penerbangan sesuai dengan identitas penumpang. Sejalan dengan hal tersebut dalam masa peak season petugas pengamanan bandara akan lebih selektif melakukan pemeriksaan tiket agar sesuai dengan identitas penumpang dengan melaksanakan pemeriksaan berlapis pada pintu masuk keberangkatan, saat check in dan pintu masuk ruang tunggu penumpang. Hal ini mendapat dukungan positif dari semua airliner yang beroperasi di Bandara Hang nadim untuk ikut serta berperan aktif melaksanakan pemeriksaan. Selain itu petugas kemanan bandara juga akan memperketat ijin masuk bagi pengantar. Hanya pengantar yang karena kondisi khusus (mengantar orang sakit, orang tua, anak-anak yang melakukan perjalanan tanpa orang tua) yang bias mendapat ijin dari pengamanan bandara,"ujar Ir. Razali Abubakar, MM, Kepala Bandara Hang NAdim Batam,Selasa (18/9).
RAsali menambahkan, jumlah penumpang pada musim lebaran 2003, 2004, 2005 dan 2007 sebanyak 68.192 orang, 69.618 orang, 104.631orang dan 129.974 orang yang dihitung mulai 7 hari sebelum lebaran dan 7 hari sesudah lebaran. Berdasarkan data 4 tahun terakhir angka pertumbuhan total pergerakan jumlah penumpang berada pada kisaran 24%, dan melihat kecenderungan yang ada (linear trendline) diperkirakan pada pada angkutan lebaran tahun 2007 ini total penumpang yang bergerak dari dan ke Bandara Hang Nadim akan mencapai angka 150.000 orang
Masa peak season lebaran yang merupakan masa-masa sibuk baik bagi pengelola Bandara maupun operator penerbangan telah diantisipasi oleh pengelola Bandara Hang Nadim dengan mengadakan koordinasi secara terpadu antara pengelola Bandara dan operator penerbangan yang ada di Bandara Hang Nadim. Bandara Hang Nadim akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang yang mungkin timbul pada masa peak season
Bentuk antisipasinya berupa persiapan fasilitas, terutama fasilitas-fasilitas yang langsung berhubungan dengan pengguna jasa bandara khususnya penumpang yaitu : x-ray, counter check-in, penambahan counter psc (passenger service charge) yang tadinya 2 akan ditambah menjadi 4 counter, pembenahan parker bandara, toilet, conveyor belt di terminal kedatangan dan fasilitas lainnya. Persiapan SDM, direncanakan akan ditambah petugas pengamanan khususnya di land side dengan bantuan personil dari MAKO DITPAM OB sebanyak kebutuhan yang ada
" Kita juga menghimbau kepada semua masyarakat pengguna jasa bandara untuk membeli tiket penerbangan pada agen resmi perusahaan penerbangan dan memastikan bahwa nama yang tertera pada tiket sesuai dengan identitas. Menyesuaikan jadwal cek in dengan kondisi di perjalanan, sehingga kemungkinan terlambat dapat diantisipasi lebih awal, dan tidak membawa barang secara berlebiha,"ujar Razali mengakhri.(ded)
Browse » Home
Tuesday, 18 September 2007
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 komentar:
Post a Comment