Saturday 6 October 2007

Tarawihan Kapoltabes di Sambau Nongsa

Puasa Melatih Kesabaran Hati


Sebagai umat muslim bulan Ramadan merupakan bulan tempat melatih diri untuk lebih sabar. Hikmah yang didapat bagi mereka yang menjalankan puasa satu bulan penuh, adalah kesucian hati dan diri di bulan Syawal nanti. Dengan hati yang sabar itu dapat terciptanya keamanan dan keselamatan didalam diri dan bagi orang disekitar.

Kombes Pol Slamet Riyanto Kapoltabes Barelang dalam acara silahturahmi, buka puasa dan sholat Tarawih di Mesjid An-Nur Kavlling Sambau Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa, Kamis (4/10), mengibaratkan manusia itu haruslah mencontoh pola hidup seekor ulat.

" Ulat sama kita ketahui, semasa masih menjadi ulat apapun yang ada didepannya pasti dimakan. Ada daun dimakan, ada kayu dimakan, ada kertas dimankan, dan itu sifat manusia hidup selama ini. Semua ingin didapat dan dimakan, tidak peduli apakah itu baik atau buruk. Tapi, ulat setelah masa makan berakhir, maka tiba giliran untuk berubah menjadi kupu-kupu. Perubahan dari ulat ke kupu-kupu itulah ada proses yang disebut dengan ritual tidak makan dan minum alis puasa. Lama ulat puasa ini hingga beberapa minggu juga. Wal hasilnya, ulat berubah wujud menjadi kupu-kupu yang enak dilihat dan sangat menarik perhatian. Itulah hikmah singkat kalau kita mau belajar dari ulat yang berpuasa,"ujar Slamet Riyanto di hadapan tokoh masyarakat dan pemerintahaan sekecamatan Nongsa.

Slamet juga menceritakan, keberhasilan umat muslim berpuasa satu bulan penuh itulah akan menjadikan dirinya lebih baik dan berbudi pekerti. Orang melihat dan berteman dengan akan terasa lebih aman. Tentu dengan umat muslim yang tidak sama sekali menjalankan ibadah puasa ini, rasa tentram bagi orang disekitarnya akan susah diwujudkan.

Acara yang digelar Kapolsek Kabil ini berlangsung hikmah dan memang sangat ditunggu-tunggu kehadiran Kapoltabes. Menurut AKP Ferry Aprizon acara buka dan silahturahmi di Kecamatan Nongsa merupakan agenda rutin kunjungan pimpinan untuk bertemu dengan pemuka masyarakat lebih dekat.

Dalam rombongan juga ikut Kabag Operasional Poltabes Barelang Kompol Sarif Rahman, Kabag Admin Kompol Andri, Kasat Narkoba Kompol Himawan Bayu Aji, Kasat Reskrim AKP Herry Heryawan, serta ibu-ibu Bhayangkara. Acara juga diisi dengan penyerahan paket sembako dan lebaran bagi masyarakat Nongsa yang berhak menerima dari Kapoltabes Barelang.

Rasa senang dan cukup tersangjung, dilontarkan para tetua masyarakat di Kavling Sambau. atas kedatangan Kapoltabes Barelang. " Selama ini belum ada pejabat kepolisian setingkat Kapoltabes datang kekampung kita ini. Kami sangat bersyukur dan terima kasih atas kedatangan Kapoltabes beserta rombongan," ujar seorang pemuka agama dalam sambutannya. (ded)

0 komentar:

 

Email dan Twitter

email:dedy.tribun@gmail.com twitter:@dedytribun

Blogroll

Profil dan Kontak

Wartawan Tribun Batam sejak tahun 2006 hingga saat ini. Telepon 081990867001

Copyright © Warta Kriminal Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger